SAR MTA Tebang Pohon Berbalut Cerita Mistis di Jebres 

Solo – Untuk kesekian kalinya, SAR MTA memenuhi permintaan warga untuk melakukan pemotongan pohon yang dianggap angker karena dihuni makhluk halus. Permintaan penebangan pohon ini diajukan secara resmi dengan surat permohonan oleh warga Ngasinan RT 1 RW 12, Jebres, Solo.

Berbekal peralatan vertical rescue dan alat potong yang lengkap pemotongan pohon ini dilakukan pada tanggal 8 Oktober 2019 siang hari. Jenis pohon yang dipotong terdiri dari pohon salam, petai, nangka dan manga. Keempat pohon ini berukuran tinggi sekitar 15 meter  diameter 50 sentimeter yang diperkirakan berumur 30 tahun.

Berbagai cerita mistis pun diungkapkan warga yang tinggal di sekitar pohon ini. Mulai dari mendengar bayi menangis di malam hari, merasa dilempar oleh benda-benda tertentu, hingga ada anak terus menerus menangis.

Namun berbagai cerita tersebut tidak membuat SAR MTA surut. Sebab melalui pemahaman agama yang lurus pohon tetaplah pohon dan tidak ada yang perlu ditakuti meski ada anggapan bahwa pohon ini angker.

Proses pemotongan pohon memakan waktu cukup lama, sebab setiap dahan yang dipotong mesti diturunkan dengan hati-hati menggunakan tali agar tidak menimpa bangunan di sekitarnya.  Begitu pula saat batang pohon akan ambruk, maka harus ditarik sedemikian rupa agar jatuh ke tempat yang aman.

Anton Bruri Rahmat Hidayat, S.T., M.Pd.I. putra dari pemilik rumah mengatakan pemotongan pohon ini dilakukan karena alasan fisik maupun mistis. Alasan fisik, posisi pohon yang berada di dataran tinggi dikhawatirkan akan ambruk dan menimpa rumah warga di sekitarnya.

Sedangkan alasan mistis karena sudah banyak cerita soal angkernya pohon yang kemudian membuat masyarakat di sekitar rumah meminta agar pohon ini segera ditebang. Meski pemilik rumah pernah meminta kepada tukang untuk memotong pohon ini, ternyata tidak ada yang berani setelah melihat posisi pohon maupun mendengar cerita-cerita mistis dari lingkungan sekitar.

Koordinator kegiatan Muhammad Luqman mengatakan melalui penebangan pohon ini SAR MTA ingin memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa tidak ada pohon yang angker. Sebab pohon adalah makhluk ciptaan Allah dan tidak ada yang bisa menandingi Alloh.

Dari Solo Jawa Tengah, Kalis melaporkan.

  • Add Your Comment