Materi Navigasi dan ESAR untuk Pencarian Korban di Hutan

Sukoharjo – Dalam sebuah operasi pencarian korban di hutan dan gunung, tim SAR harus memiliki keterampilan dalam membaca peta untuk menentukan koordinat rescuer dan korban. Oleh karena itulah dilaksanakan praktik pencarian korban oleh seluruh peserta Diklat-SAR SAR MTA angkatan sepuluh di dalam hutan kawasan pegunungan Batu Seribu, Bulu Sukoharjo pada hari Kamis 13 November 2018.

Memasuki hari kelima ini, para peserta melaksanakan simulasi penyelamatan di hutan atau jungle rescue. Dalam simulasi ini, peserta dibagi menjadi empat sru dan diminta untuk mencari tiga korban di tiga titik yang berbeda. Setelah menemukan korban, para peserta diklat diminta untuk menolong dan membawanya dengan tandu ke tempat yang aman.

Instruktur dari Basarnas, Tri Puji Sugiharto mengatakan kegiatan ini diawali dari camp survival pada Kamis pagi. Kemudian peserta menerima materi navigasi dan esar, yaitu berupa kemampuan membaca peta, menentukan koordinat rescuer dan korban guna mencari korban di hutan maupun di gunung.

  • Add Your Comment