Latihan Gabungan MDMC Jateng Bersama BPBD dan SAR MTA

Cilacap – Menggandeng BPBD dan relawan MTA perwakilan Cilacap, relawan Muhammadiyah Disaster Management Center atau MDMC, menyelenggarakan latihan gabungan ke-5. Latihan gabungan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 28 hingga 30 September 2018, bertempat di alun – alun kecamatan Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah.

Turut serta dalam latihan gabungan ini puluhan komunitas kebencanaan mulai dari Rapi, Tagana, Bagana, dan lainnya. Materi pelatihan yang diberikan meliputi manajemen posko, logistik, huntara, shelter, wash sanitasi, SAR, komunikasi, psikososial, dapur umum, dan assessment.

Fathur Farouk selaku direktur gladi latihan gabungan MDMC ke-5 menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini, kedepannya seluruh lintas sektor dapat bersinergi bersama dalam penanganan darurat kebencanaan, karena tidak ada satu pun bentuk penanganan bencana yang bisa dilakukan secara mandiri.

Fathur berharap, hubungan dan kerjasama yang baik ini tidak hanya terjalin saat latihan gabungan saja, namun dapat terus berlanjut baik dalam pra-bencana, saat bencana hingga sampai pasca bencana.

  • Add Your Comment