Relawan MTA Bahu-membahu dalam Pencarian Korban Longsor Sempor

KEBUMEN – Relawan MTA bergabung dengan Basarnas, BPBD, TNI, Polri dan elemen masyarakat lain, bahu-membahu dalam proses pencarian korban tanah longsor di Dukuh Pohkumbang, Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Puluhan relawan MTA yang terjun ke lokasi antara lain Satgas MTA Kebumen, Banjarnegara dan Banyumas, SAR dan Satgas MTA Daerah Istimewa Yogyakarta serta SAR MTA Pusat.

Para relawan memulai evakuasi pada Ahad 19 Juni dan berakhir pada hari ketujuh atau Jumat 24 Juni 2016. Selama tujuh hari pencarian, relawan berhasil menemukan lima dari enam jenazah korban longsor. Selanjutnya proses pencarian dilanjutkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Selain menggunakan peralatan manual dalam menemukan korban longsor, dilakukan pula upaya peledakan batu besar yang menimbun sebuah rumah warga.

EVAKUASI LONGSOR KEBUMEN (19)

EVAKUASI LONGSOR KEBUMEN (18)

Peledakan menggunakan bubuk mesiu ini bertujuan memecah batu menjadi serpihan kecil sehingga memudahkan para relawan menyingkirkan material longsoran.

Relawan MTA senantiasa aktif terjun membantu masyarakat dalam setiap bencana. Selain sebagai pengamalan hasil mengaji juga sebagai bukti kepedulian MTA terhadap pihak yang membutuhkan.

Kontributor Hartono, Rohmad dan Arif Wibowo – MTA TV

  • Add Your Comment