Latihan Gabungan Penyelamatan, Evakuasi, dan Penanganan Pengungsi

Grobogan – Bertempat di hotel 21 Purwodadi, kabupaten Grobogan, Jawa Tengah berlangsung kegiatan latihan penyelamatan, evakuasi, dan penanganan pengungsi yang diikuti para relawan dan anggota SAR di seluruh kabupaten Grobogan. Latihan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 21 dan 22 Maret 2019. Diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD provinsi Jawa Tengah.

Adapun materi latihan meliputi kebijakan dan dukungan penanggaran dalam penanggulangan bencana yang disampaikan oleh Kepala Bappeda kabupaten Grobogan, Anang Armunanto, S.Sos.

Sedangkan materi lainnya meliputi simulasi penanganan korban bencana, koordinasi, evakuasi, dapur umum, kesehatan, dan penanganan kebakaran. Masing-masing materi disampaikan oleh TNI, BPBD, Tagana, Dinas Kesehatan, dan pemadam kebakaran.

Kepala bidang penanganan darurat BPBD provinsi Jawa Tengah, Drs. Agus Waluyo mengatakan, latihan gabungan ini bertujuan untuk mempersiapkan para relawan kebencanaan, baik sebelum maupun saat terjadi bencana agar siap melaksanakan langkah-langkah untuk mengatasi bencana yang terjadi.

Setelah pelatihan ini, diharapkan para relawan segera tanggap dan cepat merespon. Bahkan sebelum terjadinya bencana para relawan sudah bisa memetakan potensi bencana di masing-masing wilayah agar tidak timbul banyak korban nyawa maupun harta.

  • Add Your Comment