Basarnas Resmi Menutup Operasi Pencarian Korban Longsor Brebes

BREBES – Setelah berjalan selama tujuh hari, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas secara resmi menutup operasi pencarian korban tanah longsor di desa Pasir Panjang, kecamatan Salem, kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Hingga hari terakhir pencarian pada Rabu (28/02) siang, sebanyak enam korban masih dinyatakan hilang, 12 korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, dan 18 korban dalam kondisi selamat.

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin Muchlisin, S.Pd menyatakan selain karena operasi pencarian telah dilakukan sesuai prosedur selama tujuh hari. Penutupan operasi juga dengan pertimbangan efisiensi dan efektivitas dari proses identifikasi lokasi korban yang masih tertimbun semakin sulit. Ia menambahkan faktor risiko longsor susulan juga sangat besar karena hampir setiap hari turun hujan di bukit Lio.

Selama tujuh hari, proses pencarian melibatkan 72 organisasi dari pemerintah, masyarakat serta potensi SAR dengan jumlah total 1.226 personel. Sedangkan dari SAR MTA, hingga hari terakhir pencarian menerjunkan total kurang lebih 80 personel dari berbagai wilayah. Meliputi Soloraya, DIY, Semarang, Kebumen, Banyumas, Cilacap, dan Pangandaran Jawa Barat.

Peristiwa longsor Brebes juga mendapatkan kunjungan dari menteri sosial Idrus Marham. Kunjungannya ke lokasi longsor untuk memastikan kondisi korban dan pengungsi.

  • Add Your Comment